//
season 3

C. Kode Etik Jurnalistik dan Pers yang bebas bertanggung jawab

1. Teori tentang Pers

Teori tentang pers dalam hubungan dengan Negara ada 4, yaitu teori pers otoritarian, pers libertarian, pers totaliter dan pers tanggung jawab sosial.

a. Teori pers otoritarian Falsafah dari teori pers otoritarian adalah pers menjadi kekuatan mutlak dari kerajaan/pemerintah untuk mendukung kebijakannya. Pertama kali dikembangkan di Inggris pada abad XVI dan XVII yang kemudian menjalar keseluruh dunia. Pers menjadi hak otoritas penuh dari negara dan menjadi pelayan para penguasa.

b. Teori pers libertarian Falsafah teori ini adalah pers memberi penerangan dan hiburan dengan menghargai sepenuhnya individu secara bebas. Pers bebas mengeluarkan berita baik yang ditujukan kepada masyarakat maupun negara. Campur tangan negara terhadap pers dianggap menindas kebebasan pers. Negara tidak berhak mengontrol kehidupan pers, justru pers sebagai alat kontrol sosial.

c. Teori pers totalitarian Falsafah teori ini adalah pers sebagai alat negara untuk menyampikan segala sesuatu kepada rakyat. Yang berhak menggunakan media adalah negara dan partai negara, pers dikontrol secara ketat oleh pemerintah, dilarang mengkritik pemerintah. Pers dijadikan alat kelangsungan kekuasaan negara.

d. Teori pers tanggung jawab sosial/social responsibility Falsafah teori ini adalah pers memiliki tanggung jawab social, pers memberi penerangan, berita, hiburan dan produk secara bebas namun dilarang melanggar kepentingan orang lain dan masyarakat. Para pekerja pers diharapkan memiliki kesadaran bahwa ada tanggung jawab yang diemban atas kegiatan jurnalistik yang dilakukan secara bebas. Para wartawan menyadari bahawa ada hak orang lain dan masyarakat yang harus dihargai misalnya hak pribadi, HAM, keamanan dan ketertiban.

2. Sifat Pers

Ideologi atau falsafah yang dianut setiap negara akan mempengaruhi sifat pers yang ada di negara tersebut. Hingga sekarang ada 6 sifat pers yang penerapannya berbeda.

1) Sifat Pers Ideologi atau falsafah yang dianut setiap negara akan mempengaruhi sifat pers yang ada di negara tersebut. Hingga sekarang ada 6 sifat pers yang penerapannya berbeda.

2) Pers yang bebas dan bertanggung jawab Dalam kaitannya dengan pers yang bebas, dikenal dengan istilah kebebasan pers. Adapun yang dimaksud dengan kebebasan pers adalah kebebasan dalam mengemukakan pendapat baik lisan maupun tertulis. Pers yang bebas adalah pers yang memiliki kemerdekaan artinya kemerdekaan yang disertai kesadaran akan pentingnya penegakan supremasi hukum yang dilaksanakan oleh pengadilan, dan tanggung jawab profesi yang dijabarkan dalam kode etik jurnalistik serta sesuai dengan hati nurani insan pers. Prinsip kebebasan bertanggung jawab pers nasional didasarkan pada pasal 4 UU no 40 tahun 1999. Adapun prinsip pertanggung jawaban pers nasional, berdasarkan pasal 5 UU no 40 tahun 1999. (Tim MGMP, 2006: 26-27)

Dalam sistem politik yang demokratis, adanya kritik atau oposisi dan dukungan merupakan energi yang cukup baik bagi berjalannya suatu sistem. Kritik akan memungkinkan pemerintah untuk lebih hati-hati dan lebih reponsif serta accountable di dalam membuat berbagai kebijakan. Tetapi di banyak negara, pers juga memberikan dukungan, baik pada elit tertentu maupun kepada kebijakan-kebijakan yang dibuat dan diimplementasikan oleh para elit itu.

Peran politik media masa di dalam negara demokratis, paling tidak, bisa dilihat dari 2 peristiwa. Pertama adalah pada proses seleksi kepemimpinan politik (di dalam pemilu atau pemilihan pejabat publik dan di dalam proses pemilihan pemimpin di dalam organisasi-organisasi politik). Di dalam pemilu, media masa bisa memuplikasikan berbagai isu, termasuk program-program yang ditawarkan oleh calon atau partai. (Kacung Marijan, 2010: 294-295)

 

Sumber:

Tim MGMP Pendidikan Kewarganegaraan Kabupaten Sleman. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: CV Sinar Pengetahuan.

Kacung Marijan. 2010. Sistem Politik Indonesia: Konsolidasi Demokrasi Pasca-Orde Baru. Jakarta: Prenada Media Group.

 

 

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

TANGGGALAN

December 2016
M T W T F S S
« Jul    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

AKU ADALAH INDONESIA

Data pengunjung

JAM

%d bloggers like this: