//
season 2

B. Perkembangna Pers di Indonesia

Perkembangan pers di Indonesia tidsk bisa dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia sendiri. Pers dapat digolongkan dalam 3 kategori, yaitu pers kolonial, pers cina, dan pers nasional.

  1. Sejarah pers kolonial
    1. Pers kolonial adalah pers yang diusahakan oleh orang-orang Belanda pada masa penjajahan Belanda, berupa surat kabar, majalah, yang bertujuan untuk membantu usaha pemerintah Hindhia Belanda.
    2. Sejarah pers Cina, koran-koran, majalah dalam bahasa Cina, Belanda atau Indonesia yang diterbitkan oleh golongan penduduk Cina.
    3. Sejarah pers nasional, diusahakan oleh orang-orang Indonesia terutama orang-orang pergerakan dan diperuntukkan bagi orang-orang Indonesia. Pers ini bertujuan memperjuangkan hak-hak bangsa Indonesia di masa penjajahan.
  2. Perkembangan pers nasional

Perkembangan pers nasional dimulai sejak jaman pergerakan, masa pendudukan jepang, masa revolusi fisik, masa demokrasi liberal, masa demokrasi terpimpin, masa orde baru, dan pers di alam reformasi sekarang ini.

a. Pers masa pergerakan, pers masa ini tidak bisa dipisahkan dari kebangkitan nasional bangsa Indonesia melawan penjajahan. Pers menyuarakan kepedihan, penderitaan, dan merupakan refleksi dari isi hati bangsa terjajah. Pers menjadi pendorong bangsa Indonesia dalam perjuangannya memperbaiki nasib dan kedudukan bangsa. Beberapa harian yang terbit pada masa pergerakan adalah:

1)      Harian Sedio Tomo (Budi Utomo)

2)      Harian Darmo Kondo, pimpinan Sudaryo Cokrosiswoyo

3)      Harian Utusan Hindhia, pimpinan H.O.S Cokroaminoto

4)      Harian Fajar Asia, pimpinan Haji Agus Salim

5)      Mjalah mingguan Pikiran Rakyat, didirikan oleh Ir. Sukarno

6)      Majalah berkala Daulat Rakyat, dipimpin oleh Moh Hatta dan Sutan Syahrir

Untuk mengimbangi   pers nasional pemerintah Belanda mendirikan Kantor Berita Antara pada tanggal 13 Desember 1937.

b. Pers masa pendudukkan jepang, pada masa ini pers menjadi alat pemerintah jepang dan bersifat pro Jepang. Beberapa harian yang muncul pada masa ini adalah: Asia Raya di Jakarta, Sinar Baru di Semarang, Sinar Asia di Surabay, dan Tjahaya di Bandung.

c. Pers masa revolusi fisik (1945-1949)

Pers terbagi menjadi 2 golongan, yaitu :

Pers yang diterbitkan dan diusahakan oleh tentara sekutu dan Belanda yang selanjutnya diberi nama pers NICA. Diantaranya Warta Indonesia (Jakarta), Persatuan (Bandung), Suluh Rakyat (Semarang), Pelita Rakyat (Surabaya), Mustika (Medan).

Pers yang diterbitkan dan diusahakan oleh orang Indonesia yang disebut Pers Republik. Misalnya : Merdeka, Sumber, Pemandangan, Kedaulatan Rakyat, Nasional, Pedoman.

d. Pers masa demokrasi liberal (1950-1959)

Fungsi pers pada masa ini sebagai perjuangan kelompok partai / aliran politik.

e. Pers masa demokrasi terpimpin (1959-1966)

Pada masa ini menganut konsep otoriter. Pers nasional saat ini merupakan terompet penguasa dan bertugas mengagung-agungkan pribadi presiden dan mengindoktrinasikan manipol. Pers diberi tugas menggerakkan aksi-aksi massa yang revolusioner dengan jalan memberikan penerangan, membangkitkan jiwa dan kehendak massa agar mendukung pelaksanaan manipol dan ketetapan pemerintah lainnya.

f. Pers masa orde baru (1966-1988)

Pers pada masa ini dianggap sebagai salah satu unsur penggerak pembangunan, media vital penggerak pembangunan. Pers yang mengkritik pembangunan dan pemerintah mendapat tekanan, bahkan dicabut surat ijin penerbitannya (SIUUP).

g. Pers masa reformasi (1988-sekarang)

Pers menikmati kebebasan sejalan dengan alam reformasi, keterbukaan dan demokrasi yang memperjuangkan rakyat Indonesia.yang ditandai dengan keluarnya berbagai macam peraturan perundangan terutama UU No. 40 Tahun 1999 tentang pers Pemerintah banyak memberi kemudahan dalam ijin penerbitan pers. (Tim MGMP, 2006: 23-25)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

TANGGGALAN

December 2016
M T W T F S S
« Jul    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

AKU ADALAH INDONESIA

Data pengunjung

JAM

%d bloggers like this: